Apa Perbedaan Bayangan Nyata dan Maya ?

Posted on

Salah satu materi IPA kelas 8 tentang Cahaya ini biasanya membuat para siswa bingung. Terutama jika sudah membahas tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa.

Bayangan yang dibentuk oleh cermin dan lensa adalah bayangan nyata dan maya. Lantas apa perbedaan bayangan nyata dan maya ?

Dalam pembahasan materi cahaya, sebelum membahas lebih lanjut tentang cara pembentukan bayangan pada cermin dan lensa, Kita harus pahami dulu perbedaan bayangan nyata dan maya.

Pada konteks pemantulan (cermin) dan pembiasan (lensa) cahaya, bayangan nyata dan maya dapat didefinisikan sebagai berikut.

Bayangan nyata adalah bayangan yang terbentuk dari perpotongan / pertemuan perpanjangan sinar pantul / bias.

perbedaan bayangan nyata dan maya
Bayangan nyata terbentuk di lantai saat Kita dibawah cahaya matahari. ( Gambar via Pixabay )

Untuk lebih mudahnya, bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap oleh layar, atau oleh tangan bila tangan Kita sebagai layarnya. Oleh karenanya bisa juga dikatakan bahwa bayangan nyata itu dapat “disentuh”. Contoh bayangan nyata adalah saat nonton film di bioskop maka yang Kita tonton itu adalah bayangan pada layar bioskop. Contoh lain misalnya saat Kita berada di bawah sinar matahari maka akan terbentuk bayangan di lantai.

Bayangan maya adalah bayangan yang terbentuk dari perpotongan / pertemuan langsung sinar pantul / bias.

Perbedaan bayangan nyata dan maya
Bayangan maya terbentuk seolah-olah di belakang cermin. ( Gambar via pixabay )

Berkebalikan dengan bayangan nyata, untuk bayangan maya adalah bayangan yang tidak dapat ditangkap oleh layar. Atau bisa juga dikatakan bahwa bayangan maya itu tidak dapat “disentuh”. Contoh bayangan maya adalah bayangan kita saat bercermin, bayangan yang terbentuk seolah-olah ada dibelakang cermin dan kita tidak dapat “menyentuhnya” karena Kita hanya dapat menyentuh cerminnya bukan bayangannya.

Untuk menjelaskan tentang maksud dari bayangan yang terbentuk dari perpotongan atau pertemuan sinar pantul atau bias akan dijelaskan di artikel yang lainnya. Untuk saat ini hanya fokus pada maksud dari bayangan nyata dan bayangan maya dengan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *