Inilah Media Belajar Online Paling Direkomendasikan Kemdikbud

Posted on

Imbas dari pandemi COVID19 sejak awal Maret lalu memberikan  dampak luarbiasa di berbagai bidang terutama bidang Pendidikan. Pemerintah secara resmi meliburkan kegiatan pembelajaran di sekolah sejak awal Maret 2020 dan digantikan melalui belajar dirumah secara online.

Para pemangku pendidikan kemudian memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada untuk bisa melaksanakan belajar online, misalnya melalui group Whatsapp Kelas, melalui berbagai aplikasi seperti Google Classroom hingga aplikasi Ruangguru dan Zoom.

Namun dari berbagai media belajar tersebut, tentu pemerintah juga memiliki media sendiri buatan Kementerian Pendidikan. Media belajar online paling direkomendasikan Kemdikbud adalah Portal Rumah Belajar.

media belajar

Portal Rumah Belajar dapat diakses melalui https://belajar.kemdikbud.go.id/.

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar secara lengkap dan menarik untuk berbagai mata pelajaran serta dari berbagai tingkatan dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK.

Rumah belajar ini merupakan bentuk inovasi belajar dari Kemdikbud di era Revolusi Industri 4.0. Dengan Rumah Belajar, maka kita dapat belajar dari mana pun dan kapan pun serta dapat saling berkomunikasi dengan siapa pun di seluruh Indonesia.

Pada Portal Rumah Belajar, terdapat fitur utama yang sangat bermanfaat dalam belajar online, diantaranya :

1.Kelas Digital

Fitur kelas digital merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dapat digunakan oleh Guru yang melaksanakan pembelajaran tanpa harus bertatap muka dengan siswa. Guru dapat memberikan bahan ajar dalam bentuk digital kepada siswa kapan pun dan dimana pun.

2.Sumber Belajar

Fitur ini menyediakan sumber belajar dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, bahkan permainan. Materi ajar disini tentu sudah sesuai dengan kurikulum yang ada.

Baca juga : Model-model Pembelajaran

3.Laboratorium Maya

Fitur ini sangat menarik menyajikan proses praktikum secara menarik dan interaktif melalui animasi. Dengan laboratorium maya maka Guru juga sangat terbantu dan lebih hemat serta mudah dipahami oleh siswa.

4.Bank Soal

Fitur ini menyedikan kumpulan soal yang dapat digunakan siswa untuk latihan soal, latihan ulangan dan latihan ujian. 

Dengan berbagai fitur tersebut maka Portal Rumah Belajar ini layak untuk direkomendasikan untuk digunakan oleh Guru dan Siswa terutama selama belajar dirumah selama pandemi COVID19 ini berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *