Sifat Cahaya Kelas 8 Semester 2

Posted on

Sifat cahaya ini merupakan bagian dari materi cahaya dan alat optik kelas 8 semester 2 SMP. Untuk memahami lebih jauh materi cahaya ini, kita harus paham terlenih dahulu tentang sifat cahaya.

Cahaya merupakan sebuah gelombang elektromagnetik yang tidak memerlukan media perantara dalam perambatannya. Kecepatan cahaya adalah yang paling tinggi di alam semesta ini.

Berikut ini akan dijelaskan sifat cahaya secara lengkap.

1.Cahaya Merambat Lurus

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita mengetahui dengan pasti bahwa cahaya ini merambat secara lurus. Apakah kita pernah melihat cahaya yang melengkung ? tentu tidak pernah bukan.

Contohnya saat kita menyalakan lampu senter, maka cahaya akan terlihat lurus ke depan, tidak mugkin belok atau melengkung.

Untuk membuktikannya sangat mudah, kita siapkan sebuah lilin dan dua lembar kertas dengan lubang ditengah. Kemudian lilin tersebut dinyalakan, di tempat gelap agar lebih jelas terlihat arah cahayanya. Di depan lilin diletakkan dua lembar kertas yang telah dilubangi tadi dengan jarak tertentu.

sifat cahaya

Jika lubang kertas berada pada posisi sejajar, maka cahaya dari lilin akan melewati lubang kertas tersebut. Namun bila posisi lubang kertas tidak sejajar, maka cahaya lilin tidak akan melewati lubang kertas yang kedua. Hal itu membuktika bahwa cahaya hanya dapat merambat lurus.

2.Cahaya dapat Dipantulkan

Sifat cahaya yang kedua adalah dapat dipantulkan. Dikarenakan sifat cahaya yang dapat dipantulkan inilah maka kita dapat melihat benda.

Misalnya pada saat kita menyalakan lampu senter, maka benda yang bisa kita lihat adalah yang terkena oleh cahaya senter tersebut, sedangkan benda yang tidak kena cahaya hanya gelap. Artinya benda cahaya senter tersebut mengenai benda dan dipantulkan ke mata kita, sehingga benda tersebut terlihat.

Contoh lain adalah pada saat kita bercermin, terjadi pemantulan cahaya pada cermin tersebut sehingga bayangan benda akan terlihat di cermin sesuai benda yang ada didepannya.

Pemantulan ada dua jenis,

  1. Pemantulan teratur, yaitu pemantulan pada benda yang bentuknya teratur.
  2. Pemantulan baur, yaitu pemantulan pada benda yang permukaannya tidak teratur.

sifat cahaya

Arah pemantulan cahaya ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Snellius, sehingga disebut Hukum Snellius.

Snellius mengemukakan bahwa :

  1. Sinar datang, garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
  2. Besar sudut datang sama dengan besar sudut pantul ( ∠i = ∠r )

sifat cahaya

Baca juga : Apa perbedaan bayangan maya dan bayangan nyata ?

3.Cahaya dapat Dibiaskan

Sifat Cahaya yang ketiga adalah dapat dibiaskan. Pembiasan cahaya dapat terjadi bila cahaya melewati medium yang berbeda kerapatan optiknya. Misalnya cahaya melewati udara dan air.

Contoh pada saat kita melihat permukaan kolam renang yang jernih dari atas permukaan, maka kita melihat dasar kolam seperti dangkal hanya 1 meter padahal sebenarnya kedalamannya 3 meter.

Contoh lain saat kita memasukkan sebagian pensil ke dalam air, maka pensil tersebut terlihat seolah-olah patah.

sifat cahaya

Kecepatan cahaya akan menurun bila memasuki media yang lebih rapat, seperti halnya tadi dari udara ke air.

4.Cahaya adalah Gelombang Elektromagnetik

Sifat cahaya yang keempat adalah cahaya merupakan gelombang elktromagnetik. Seperti sudah disebutkan diatas tadi bahwa cahaya ini dapat merambat tanpa melalui media perantara.

Contohnya cahaya matahari dapat mencapai bumi meskipun harus melewati ruang angkasa yang hampa udara atau ruang kosong tanpa materi.

Gelombang cahaya terbentuk karena adanya medan magnet dan medan listrik secara periodik, itulah mengapa disebut gelombang elektromagnetik.

Sumber gambar : bse kemdikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *